Friday 16 October 2015

Cek Tagihan Listrik via E-mail

Sekarang ini untuk melihat tagihan listrik PLN bisa melalui email. PLN setiap awal bulan akan mengirimkan tagihan listrik ke email Abah. Jadi Abah tidak perlu repot lagi.


Sebelumnya Abah daftarkan dulu emailnya di websaite PLN, disini. Dalam website tersebut ada Layanan Online ‘Cek Tagihan Rekening’. Masukkan nomor ID Pelanggan dan klik.

Website PLN. Bersih, bersih, bersih (Abah gagal fokus )

Setelah terbuka, geser kursor ke bawah disana ada tulisan Cetak Invoice. Karena email belum terdaftar (registrasi), maka harus registrasi dulu dengan cara klik ‘Buat User’. Input email dan password masing-masing dua kali, masukkan juga kode unik lalu klik ‘Simpan” selesai.

Klik yang dilingkari

Kotak registrasi, isi dan simpan.

PLN akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang diregistrasi tadi. Buka email dan klik konfirmasi atau tautannya sesuai yang diinstruksikan dalam email. Selesai, maka email kita sudah terdaftar dan setiap awal bulan PLN akan mengirimkan tagihan listriknya melalui email tersebut. Dalam email tagihan tersebut disertakan lampiran berupa invoice (stuk) tagihan yang bisa diprint.

Jika sewaktu-waktu kita butuh struk bulan-bulan sebelumnya untuk diprint, tinggal buka website PLN dan ikuti alur diatas. Hanya saja karena email kita sudah terdaftar, maka tidak usah ‘Buat User’ lagi tapi langsung masukkan nama email dan password lalu klik ‘Cetak Invoice’. Secara otomatis struk tadi dikirim ke email kita. Buka email lalu print, selesai.

Mudah dan praktis bukan. Tagihan listrik via email ini juga sekaligus pengingat Abah untuk membayar listrik sesegera mungkin sebelum jatuh tempo. Kalau lewat jatuh tempo (tanggal 20 setiap bulannya) akan dikenakan denda. Dan jika tiga bulan masih nunggak, PLN akan memutuskan aliran listrik ke rumah kita, jadi gelap gulita deh hehe...

Oke semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa bayar listriknya. Wassalam..





.

1 comment:

  1. Griya Bayar Ppob BTN Resmi Fee Tertinggi 2019>>>> http://www.griyabayar-id.com/

    ReplyDelete