Thursday 1 October 2015

Cerita Di Balik Instagram Foto Laskar Pelangi

Awal cerita, ada lomba foto Instagram dari blog evrinasp.com bertema give away "What Movie are You?". Tentang film favorit atau yang menginspirasi. Peserta harus mengunggah satu foto selfi dengan poster film atau poster filmnya saja dibuat kreatif.

Salah satu film favorit dan menginspirasi bagi Abah dan keluarga adalah film Laskar pelangi. Nah berarti film ini yang akan Abah ikutkan lomba.

Tahap berikutnya karena Abah tidak punya poster film atau dvd Laskar Pelangi maka cara termudah ya mengunduh poster film tersebut di internet.

Ini poster yang terpilih (Sumber Internet)

Setelah Abah bersemedi untuk cari ilham (entah si ilham ini pergi kemana, hehe..) akhirnya Abah teh ada ide (bukan ilham ya haha..) ini, ting...!!!

Abah terinspirasi sebuah foto dari BlackBarry Messanger yang diunggah seorang teman, ini fotonya.

Ceritanya sedang nonton CD (Sumber BBM Teman)

Hahaha...lucu pan?
Dari sini muncul ide untuk membuat adegan yang mirip dalam foto di atas. Maka dimintalah istri dan anak-anak Abah untuk jadi modelnya hehe. Gampang saja mengarahkan mereka bergaya seperti orang yang sedang nonton film dan istri abah yang pegang proyektor filmnya. Perlu beberapa jepretan sih supaya dapat foto yang pas dengan harapan. Ini beberapa foto itu.

No.1 Gambar terlalu gelap

No.2 Gambar Terang tapi angel kurang bagus

No. 3 Sudah tidak fokus nih barudak teh

No.4 Makin tidak fokus, hadoooh...

No.5 Ini Foto No.1 yang dipilih, dibuat lebih terang

Dari sini digabung foto no.5 dan poster film dengan program Photoshop, jadinya seperti ini.

Ini hasilnya, gimana sudah oke?

Ide utamanya anak-anak dan bundanya sedang nonton film Laskar Pelangi tapi kalau begini sih nonton poster film namanya wkwkwk.

Akhirnya Abah searching scene Laskar Pelangi, ada beberapa yang bagus tapi Abah pilih yang ini yang bisa mewakili tema dari Laskar Pelangi yaitu pendidikan.

Scene ini yang Abah anggap mewakili film ini

Abah ambil poster film baru (dari Internet juga) yang posisi portrait. Abah utak atik lagi dengan photoshop dan hasilnya seperti ini.

Kalau yang ini sudah oke?

Poster film dipasang di samping kanan seolah-olah poster itu menempel dinding. Dan gambar scene film tadi dipasang didinding depan jadi objek tontonan. Tapi masih kurang puas Abah karena masih kurang natural, kelihatan sekali editannya.
Abah terbersit ide harus ada cahaya yang keluar dari proyektor yang dipegang bunda (aslinya itu bedak botol haziq haha). Abah searching dan unduh lagi gambar seberkas sinar (macam judul lagu Nike Ardilla aja).


Ini seberkas sinar itu, diputar 180 derajat dulu

Ya sudah semua digabung jadi satu diatur sana sini dan hasilnya ini.

Nah yang ini sudah boleh?

Tapi masih belum puas nih, masih belum halus editannya. Bagian mana? Tuh dibagian poster film perlu diredupkan lagi supaya terlihat menyatu dengan foto aslinya, terus scene filmnya dibuat lebih bright supaya terlihat betul-betul dipantulkan proyektor. Utak atik lagi dan hasilnya jadi seperti ini.

Ini hasil yang menurut Abah oke punya, gimana oke kan?

Ok fix, beres. Rampung tinggal cari ide untuk mendeskripsikan film Laskar Pelangi ini dalam susunan kalimat yang singkat, padat dan berbobot. Untuk itu Abah nonton lagi film ini di laptop.

Dan inilah deskripsi Laskar Pelangi versi Abah. Ini jadi caption foto di Instagram itu. Klik disini  untuk baca caption tersebut. 
Itulah cerita dibalik foto Laskar PelangiIni ceritaku, mana ceritamu?

No comments:

Post a Comment